cara pasang jam

Selasa, 08 Maret 2011

MENGANALISIS CERPEN

            MeNGANALISIS CERPEN

           Cerpen yang berjudul “ Teman Tiga Hari “ yang dikutip oleh Widya Suwarna mengangkat tema Persahabatan yang sabar dan baik. Dalam jalinan atau rangkaian cerita yang dikemas dengan baik dan mudah dipahami pembaca. Pada cerpen diatas diawali pandangan “ Yudi “ yang hari itu ada gempa di sumatera. Yudi menyuruh mama papanya untuk menolong para korban di sumatera.
          Tokoh utama dalam cerpen “ Teman Tiga Hari “ yaitu Yudi seorang anak yang baik dan sabar. Pada minggu yang lalu Yudi tertabrak  motor ketika dia bersepeda lalu dia masuk rumah sakit tentu saja Yudi tidak mau tinggal di rumah sakit,tapi dia bersabar hingga dia sembuh.     
          Cerita pendek ini semakin menarik apabila kita perhatikan setting yang cocok denga kondisi siswa saat ini, yang disebuah rumah tentunya dengan latar “ Yudi yang sedang sakit dan disebuah kamar ”
          Certa pendek ini pun menampakkan konflik batin tokoh. Tokoh utama cerita pendek ini berwatak baik dan sabar, dia adalah Yudi. Denga tokoh sampingan yang berwatak baik dan suka menghibur orang sakit, dia adalah Bowo. Di dalam cerita pendek ini tidak tedapat Tokoh Antagonis. Dalam cerpen yang berjudul Teman Tiga Hari  terdapat tokoh sampingan diantaranya : Mama papanya yudi ,Oma. Pengarang dalam cerpen ini menepatkan orang utama sebagai  pelaku utama dalam cerita.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar